Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam
Vol 1, No 1 (2021): Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam

PEMAHAMAN STANDAR PROSES: TANTANGAN BAGI GURU PAI DI MADRASAH ALIYAH YAPIKA KERSAMANAH GARUT

Cecep Hilmi Nurdin (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Chaerul Rochman (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Ida Farida Ch (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Karman Karman (UIN Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2021

Abstract

Standar proses merupakan sumber pada perkembangan proses belajar yang berlaku untuk peserta didik dalam mencapai kompetensi standar proses. Standar proses adalah salah satu dari standar nasional pendidikan(SNP), ketentuan aplikasi dalam aturan yang diberlakukan pemerintah dalam kurikulum. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu metode penelitian yang mendeskripsikan data dikuti dengan penafsiran atau pemaparan dari ketercapaian standar prosesĀ  di madrasah. Madrasah Aliyah YAPIKA Kersamanah Garut, merupakan salah satu madrasah di bawah Pemerintah Kementrian Agama Kabupaten Garut. Madrasah Aliyah YAPIKA Kersamanah Garut memiliki pendidik yang konsen mengajar dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam(PAI) dan mata pelajaran non Pendidikan Agama Islam(PAI). Dalam pemeliharaan kualitas pendidikan, ketetapan pada fungsi dan tujuan pendidikan, maka dari itu kurikulum, proses belajar, ataupun pengelolaan yang ada di Madrasah Aliyah YAPIKA Kersamanah semuanya harus bersandar pada Standar Nasional Pendidikan(SNP). Oleh karena itu, karena standar proses merupakan salah satu standar nasional pendidikan(SNP), untuk mencapai hal tersebut perlu adanya analisa pencapaian standar proses yang dilakukan terhadap guru PAI dan non PAI di MA YAPIKA Kersamanah. Artikel ini memiliki tujuan untuk mengetahui ketercapaian standar proses pendidikan di Madrasah Aliyah Kersamanah Garut, penelitian ini berpusat dalam mengkaji indikator-indikator yang pada saat ini belum berjalan secara optimal.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipai

Publisher

Subject

Religion Education

Description

Focus: Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI) provides readers with a better insight into the theory and practice and development of Islamic religious education. Scopes: Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI) specializes in inter, multi and transdisciplinary studies of Islamic ...