Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education)
Vol 5, No 1 (2017): April 2017

MODEL PEMBELAJARAN GENERATIF TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KUALA

Sharfina Sharfina (Unknown)
Abdul Halim (Unknown)
Rini Safitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2017

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran generatif terhadap peningkatan KPS siswa kelas X SMA Negeri I Kuala. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri I Kuala yang sampelnya dipilih secara purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengukur peningkatan KPS siswa adalah tes berbentuk pilihan ganda yang berjumlah 15 soal. Berdasarkan hasil persentase rata-rata N-gain siswa kelas eksperimen dan kontrol yaitu 36 dan 57. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi dari kontrol. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran generatif dapat meningkatan KPS siswa dibandingkan dengan menggunakan motede konvensional pada materi pemuaiaan di kelas X SMA Negeri I Kuala.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPSI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education) offers an interdisciplinary forum for the publication of original peer-reviewed, contributed and invited research articles of the highest quality that address different topics of science education with implications for ...