Sciening : Science Learning Journal
Vol. 4 No. 1: Juni 2023

Profil Feedback Literacy Mahasiswa dan Implikasinya dalam Meningkatkan Kinerja dan Hasil Belajar

Haryanti Putri Rizal (Universitas Sulawesi Barat)
Marlina Ummas Genisa (Universitas Muhammadiyah Palembang)
Meili Yanti (Universitas Sulawesi Barat)
Yana Sambeka (Politeknik Negeri Nusa Utara)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Pengembangan feedback literacy bagi mahasiswa berperan dalam memaksimalkan proses penerimaan feedback. Penelitian bertujuan untuk mengeksplor profil feedback literacy mahasiswa dan implikasinya dalam meningkatkan kinerja dan hasil belajar. Data dikumpulkan melalui wawancara dan menggunakan feedback literacy scale yang diadaptasi dari Zhan (2022), terdapat 24 item pertanyaan yang terdiri dari enam dimensi proses feedback. Sebanyak 100 mahasiswa strata satu (S1) berpartisipasi dalam penelitian. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pada dimensi eliciting berkaitan dengan kemampuan menerima informasi (84%), dimensi processing berkaitan dengan kemampuan dalam memahami, memproses feedback untuk dilakukan tindak lanjut (84%), dimensi enacting yakni kemampuan dalam menerjemahkan feedback menjadi tindakan (73%), dimensi appreciation of feedback menunjukkan mahasiswa menyadari tujuan dari proses feedback (79%), dimensi readiness to engage yakni kesediaan untuk menerima masukan atau saran (86%) dan dimensi commitment to change yang menunjukkan keinginan untuk melakukan perbaikan (79%). Hasil wawancara diperoleh informasi proses feedback lebih efektif jika memanfaatkan aplikasi digital, disampaikan dengan kalimat positif yang menunjukkan kelebihan dan kelemahan. Sehingga disimpulkan bahwa dimensi feedback literacy mahasiswa sudah cukup baik (di atas 70%), dengan persentase terendah pada kemampuan untuk menerjemahkan feedback menjadi tindakan. Selain itu, pemberian feedback yang disesuaikan dengan dimensi proses feedback akan mengarahkan pada peningkatan feedback literacy yang menunjang kinerja mahasiswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sciening

Publisher

Subject

Education Environmental Science

Description

SCIENING (dibaca: saining): Science Learning Journal merupakan jurnal ilmiah yang berfokus dalam mempublikasikan artikel dari hasil penelitian yang mencakup berbagai topik pembelajaran IPA Terpadu yang berimplikasi untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran ...