Avant-garde: Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni Pertunjukan
Vol. 1 No. 2 (2023): June

Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model Talking Stick Pada Pembelajaran Seni Tari di Kelas VIII SMP Negeri 4 Payakumbuh

Febrina, Winda (Unknown)
Yuliasma (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 May 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar seni tari siswa dengan model Talking Stick di Kelas VIII SMPN 4 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang yang tergolong pada penelitian kualitatif. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung berupa tes tertulis (kognitif). Penelitian ini memakai 2 siklus, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data dianalisis dengan menggunakan rumus presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model talking stick dalam pembelajaran seni tari dapat meningkatkan hasil belajar sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Pelaksanaan pembelajaran siklus I belum berhasil dengan baik karena masih banyak siswa yang kurang serius dalam belajar, untuk itu pembelajaran dilanjutkan pada siklus II. Pelaksanaan pembelajaran siklus II sudah terlaksana dengan baik. Kegiatan pada masing-masing tahap hampir semuanya terlaksana, siswa giat belajar dan aktif dalam pembelajaran sehingga hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Rata-rata hasil belajar tes tertulis siswa pada siklus I adalah 58.82%, kemudian hasil belajar tes tertulis siswa pada siklus II menjadi 85,29%. Berdasarkan analisis data dan pembahasan maka terdapat peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model talking stick pada pembelajaran seni tari.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

avant-garde

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Other

Description

Avant-garde: The Scientific Journal of Performing Arts Education is published periodically three times a year, namely in February, June and October, is a forum for channeling thoughts and disseminating knowledge in the realm of Performing Arts (drama, dance and music) and learning in the form of ...