Avant-garde: Jurnal Ilmiah Pendidikan Seni Pertunjukan
Vol. 1 No. 2 (2023): June

Pelaksanaan Pembelajaran Seni Budaya Materi Musik Tradisional (Talempong Pacik) Pada Kelas X MIPA 1 di SMA Pertiwi 1 Padang

Lestari, Aisyah (Unknown)
Hadi, Harisnal (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 May 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran musik talempong pacik di kelas X IPA-1SMA Pertiwi 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri alat tulis dan kamera. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Langkah-langkah menganalisis data adalah mengklasifikasi data, mengklarifikasi data, menganalisis data, mendeskripsikan data dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanakan pembelajaran tidak sesuai dengan RPP yang sudah direncanakan di karenakan alat peraga pembelajaran yang disediakan oleh sekolah kurang memadai dalam pembelajaran dan guru juga terlihat kekurangan waktu dalam kegiatan pembelajaran serta dalam pembelajaran lebih ke metode ceramah guru terbatas dalam penggunaan alat peraga dan keterbatasan waktu dalam kegiatan praktek sehingga pembelajaran musik talempong pacik tidak dapat di praktekkan secara tuntas. Proses pembelajaran belum sepenuhnya mendapatkan hasil belajar yang memuaskan, guru terbatas dalam penggunaan alat peraga dan keterbatasan waktu dalam kegiatan praktek, guru terus berupaya memberikan nilai yang terbaik kepada peserta didik, agar peserta didik terus bersemangat dalam proses kegiatan pembelajaran, peserta didik masih terlihat kaku dalam melakukan kegiatan pembelajaran termasuk dalam proses kegiatan praktek pembelajar musik tradisional, sehingga masih banyak nilai peserta didik di bawah KKM, dan selebihnya hanya mecapai batasan KKM. Maka diketahui bahwa peserta didik belum mendapatkan hasil nilai yang maksimal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

avant-garde

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Other

Description

Avant-garde: The Scientific Journal of Performing Arts Education is published periodically three times a year, namely in February, June and October, is a forum for channeling thoughts and disseminating knowledge in the realm of Performing Arts (drama, dance and music) and learning in the form of ...