Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap keaktifan belajar peserta didik kelas IV SD N 068006 Simalingkar Tahun Pembelajaran 2022/2023. Metode yang dipakai dalam penelitian ini ialah metode expost facto, populasi dari penelitian ini keseluruhan peserta didik dengan jumlah 181 yang terbagi dalam 6 ruangan.  Sampel dalam penelitian ini memakai purposive sampel dan yang dipilih ialah peserta didik kelas IV dengan jumlah 30 peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan pengelolaan kelas di kelas IV SD Negeri 068006 Simalingkar tergolong dalam tingkat sedang pada persentase 70% dankeaktifan belajar peserta didik juga berada pada tingkat sedang pada persentase 67 %. Dari hasil uji korelasi sebesar 0.612 yang artinya rhitung (0.612) ≥ rtabel (0.361) maka Ha diterima. Maka terdapat pengaruh yang kuat antara pengelolaan kelas terhadap kekatifan belajar peserta didik. Dari hasil penelitian uji-T dimana thitung ≥ ttabel yaitu 4,098 ≥ 2,048 maka dapat dinyatakan bahwa Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh positif dan signiifikan dari pengelolaan kelas terhadap kekatifan belajar peserta didik kelas IV SD N 068006 Simalingkar tahun pembelajaran 2022/2023.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023