Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana
Vol. 6 No. 1 (2023)

Analisis Asesmen Diagnostik Gaya Belajar Peserta Didik MAN 1 Semarang untuk Pembelajaran Fisika Berdiferensiasi Materi Teori Kinetik Gas

Eka Nurmaya (Magister Pendidikan Fisika, Pasca Sarjana, UNNES, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50237, Indonesia)
Ani Rusilowati (Magister Pendidikan Fisika, Pasca Sarjana, UNNES, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50237, Indonesia)
Sulhadi Sulhadi (Magister Pendidikan Fisika, Pasca Sarjana, UNNES, Jl. Kelud Utara III, Petompon, Kec. Gajahmungkur, Kota Semarang, Jawa Tengah 50237, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2023

Abstract

Pembelajaran fisika berdiferensiasi memandang setiap peserta didik mempunyai kebutuhan yang berbeda dalam proses pembelajaran fisika. Asesmen diagnostik gaya belajar dapat mengidentifikasi kebutuhan belajar tiap peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik gaya belajar peserta didik dan mendesain pembelajaran fisika berdiferensiasi pada materi Teori Kinetik Gas. Jenis penelitian ini adalah penelitian non eksperimen dengan metode diskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 133 peserta didik fase E kelas X4, X5, X6, dan X7 MAN 1 Kab.Semarang tahun akademik 2022-2023. Instrumen yang digunakan berupa angket/kuesioner dan instrumen praktik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 45,86% peserta didik mempunyai gaya belajar visual, 27,82% mempunyai gaya belajar auditory, dan 26,32% mempunyai gaya belajar kinestetik. kelas X-4 didominasi gaya belajar auditori dengan persentase 38.89%, Kelas X-5, X-6, dan X-7 didominasi gaya belajar Visual dengan persentase masing-masing 61.11%, 42.86%, dan 46.15%. Desain pembelajaran fisika berdiferensiasi adalah Pembelajaran dengan pendekatan aktif MIKiR berbantu e-LKPD berdiferensiasi dengan berbasis MIKiR terintegrasi nilai keislaman. Desain hasil penelitian dapat diimplementasikan dalam pembelajaran fisika berdiferensiasi materi Teori Kinetik Gas. Dengan demikian desain tersebut dapat memenuhi kebutuhan belajar peserta didik dengan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

snpasca

Publisher

Subject

Education

Description

Seminar nasional Pascasarjana merupakan kegiatan rutin yang dilakasanakan oleh Pascasarjana UNNES. Tahun 2018 adalah kali ke 5 pelaksanan yang diselenggarakan oleh Kampus yang telah berubah alamat dari lokasi di Kampus Bendan Ngisor berpindah di Kampus Kelud Utara III Kecamatan Gajahmungkur kota ...