Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana
Vol. 6 No. 1 (2023)

Menilai Kemandirian Belajar Mahasiswa melalui Self-Assessment

Ratih Laily Nurjanah (Ilmu Pendidikan Bahasa (konsentrasi Bahasa Inggris), Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia)
Yan Mujiyanto (Ilmu Pendidikan Bahasa (konsentrasi Bahasa Inggris), Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia)
Hendi Pratama (Ilmu Pendidikan Bahasa (konsentrasi Bahasa Inggris), Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia)
Dwi Rukmini (Ilmu Pendidikan Bahasa (konsentrasi Bahasa Inggris), Sekolah Pasca Sarjana, Universitas Negeri Semarang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2023

Abstract

Mahasiswa diharapkan memiliki kemandirian dalam belajar. Hal ini perlu didukung dengan sistem penilaian yang sesuai. Penelitian ini bertujuan memaparkan respon mahasiswa terhadap proses self-assessment, memaparkan hasil self-assessment, dan menilai ketepatan self-assessment dalam menilai kemandirian siswa. Metode yang digunakan adalah studi kasus melalui observasi langsung. Hasil menunjukkan bahwa mahasiswa merespon positif proses self-assessment, memiliki kemandirian yang baik sesuai dengan kriteria pelajar mandiri, dan self-assessment dinilai tepat digunakan untuk menilai kemandirian siswa. Hasil ini diharapkan memotivasi pengajar untuk menerapkan self-assessment dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan motivasi dan kemandirian siswa dalam belajar.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

snpasca

Publisher

Subject

Education

Description

Seminar nasional Pascasarjana merupakan kegiatan rutin yang dilakasanakan oleh Pascasarjana UNNES. Tahun 2018 adalah kali ke 5 pelaksanan yang diselenggarakan oleh Kampus yang telah berubah alamat dari lokasi di Kampus Bendan Ngisor berpindah di Kampus Kelud Utara III Kecamatan Gajahmungkur kota ...