Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana
Vol. 6 No. 1 (2023)

Program Literasi dan Numerasi dalam Perspektif Pendidikan Guru Penggerak

Imron Imron (Manajemen Kependidikan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia)
Suwito Eko Pramono (Manajemen Kependidikan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia)
Ani Rusilowati (Manajemen Kependidikan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia)
Sulhadi Sulhadi (Manajemen Kependidikan, Sekolah Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
20 Jun 2023

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran berpusat kepada siswa yang berkualitas belum berjalan optimal dan merata antar daerah satu dengan daerah lainnya. Asesmen yang dilakukan, didapatkan bahwa proporsi siswa yang berada di atas standar minimum kompetensi matematika, sains, dan literasi sangat minim. Berbagai jenis pelatihan yang dilaksanakan oleh Pemerintah sampai saat ini belum menjawab permasalahan untuk solusi atas rendahnya literasi numerasi dalam rapor pendidikan hasil asesmen nasional. Adanya Guru Penggerak dapat mewujudkan Merdeka Belajar, dimana guru harus mandiri, berpihak pada murid, menguasai manajemen pembelajara, mampu mengembangkan sekolah dengan inovasi dan kolaborasi dengan steakholder sekolah. Disamping itu, harus mempunyai kemampuan moral, emosi, spiritual sehingga dapat berperilaku sesuai dengan kode etik yang baik. Tujuan dari penelitian yang dilakukan terhadap calon Guru Penggerak adalah untuk mengetahui pentingnya literasi dan numerasi. Disamping itu, untuk mengetahui keberadaan metarai literasi dan numerasi pada program Guru Penggerak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif menggunakan teknik pengumpulan data melalui dokumentasi dan survey pada calon Guru Penggerak Angkatan 6 dari berbagai Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. Hasil yang didapatkan dari penelitian adalah sebanyak 97.29 % literasi sangat penting dan penting. Adapun untuk numerasi 96.65% sangat penting dan penting. Implikasi dari hasil penelitian adalah pentingnya literasi dan numerasi bagi calon Guru Penggerak. Disamping itu, materi literasi dan numerasi perlu dimasukkan dalam program Pendidikan Guru Penggerak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

snpasca

Publisher

Subject

Education

Description

Seminar nasional Pascasarjana merupakan kegiatan rutin yang dilakasanakan oleh Pascasarjana UNNES. Tahun 2018 adalah kali ke 5 pelaksanan yang diselenggarakan oleh Kampus yang telah berubah alamat dari lokasi di Kampus Bendan Ngisor berpindah di Kampus Kelud Utara III Kecamatan Gajahmungkur kota ...