Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 4 (2023): Journal on Teacher Education

Stimulating Agriculture Education in Early Chilhood

Bahagia Bahagia (Universitas Ibn Khaldun Bogor)
Rimun Wibowo (Universitas Ibn Khaldun Bogor)
Leni Muniroh (Universitas Ibn Khaldun Bogor)
Muhamad Azhar Alwahid (Universitas Ibn Khaldun Bogor)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Generasi pemuda pertanian dalam keadaan gawat darurat sebab regenerasi petani gagal terlaksana. Sementara pembangunan pertanian tidak mungkin terlupakan ditengah-tengah kebutuhan pangan, sayuran dan buah harus terpenuhi. Sebagai negara pertanian maka pertanian harus tetap berlanjut. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan berbagai stimulant yang bias digunakan untuk mendorong generasi pemuda pertanian agar mau berkecimpung dalam dunia pertanian. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif yang bersifat descriptive dengan pendekatan studi literature. Pendekatan ini bermaksud untuk mengumpulkan berbagai literature yang berkaitan dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa cara yang digunakan untuk menanamkan jiwa pembanggunan pertanian diantaranya siswa diberikan film tentang pertanian sehingga siswa merasakan langsung dan melihat sehingga bisa menjadi bagian dari perilaku suatu saat nanti. Selain itu, anak-anak sebaiknya diberikan pendidikan pertanian semenjak dini disekolah sehingga perilaku bertani akan ternam dikemudian hari kepada anak. Sekaligus dilakukan oleh keluarga dirumah seperti berkebun.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...