Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)
Vol. 8 No. 2 (2022): Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE)

Pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar mahasiswa pendidikan matematika Universitas Sanata Dharma

Anisa Wirawati (Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma)
Yolli Cinthia (Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma)
Adhi Surya Nugraha (Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma)



Article Info

Publish Date
25 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk megetahui: (1) pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma, (2) seberapa pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma. Penelitian ini merupakan penelitan kuantitatif dengan metode survey dekriptif. Populasi penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Sanata Dharma angkatan 2019 yang berjumlah 92 dengan sampel 42 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara propotionate stratifled random sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara tidak struktur, dan angket yang dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana meliputi uji t dan koefisien determinansi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar mahasiswa pendidikan matematika dipengaruhi oleh kebiasaan belajar. Hal ini dapat dilihat dari besarnya pengaruh kebiasaan belajar terhadap hasil belajar sebesar sedangkan dipengaruhi oleh faktor lain.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpse

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN SURYA EDUKASI (JPSE) diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Purworejo sebagai media penuangan hasil penelitian bidang pendidikan. Terbit dua kali dalam setahun tiap bulan Juni dan ...