EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 5, No 3 (2023)

Implementasi Strategi Pemecahan Masalah Krulik-Rudnick untuk Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal

Isma Lindy (Universitas Tanjungpura, Indonesia)
Stephanus Sahala Sitompul (Universitas Tanjungpura, Indonesia)
Erwina Oktavianty (Universitas Tanjungpura, Indonesia)
Judyanto Sirait (Universitas Tanjungpura, Indonesia)
Muhammad Musa Syarif Hidayatullah (Universitas Tanjungpura, Indonesia)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2023

Abstract

Kemampuan peserta didik dalam memecahkan atau menguraikan masalah ialah bagian dari tujuan pembelajaran studi fisika. Akan tetapi kemampuan memecahkan atau mengurai masalah pada peserta didik di Indonesia khususnya dalam menyelesaikan soal fisika masih tergolong rendah. Terdapat banyak strategi dalam memecahkan atau mengurai masalah yang digunakan meningkatkan kemampuan siswa didalam menyelesaikan permasalahan soal, salah satunya yaitu strategi pemecahan masalah Krulik-Rudnick yang terbagi kedalam 5 tahapan, yakni read and think, explore and plan, select a strategy, find and answer dan reflect and extend. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas penerapan pemecahan masalah Krulik-Rudnick untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal pada materi usaha dan energi. Bentuk penelitian yang digunakan Pra-Eksperimental Design dengan rancangan One Group Pre-Test Post-Test dilakukan dengan 4 kali pertemuan secara daring di SMA Negeri 9 Pontianak dengan subjek sebanyak 19 peserta didik kelas X MIA 2. Instrumen yang digunakan yaitu tes dalam bentuk uraian sebanyak 5 soal. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan kemampuan menyelesaikan soal peserta didik pada tiap langkah dengan skor N-gain rata-rata 0,52 dengan kategori tingkat kemampuan sedang. Berdasarkan hasil uji Wilcoxon terdapat peningkatan yang signifikan setelah diterapkan langkah pemecahan masalah Krulik-Rudnick dalam menyelesaikan soal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...