Perubahan kurikulum menuntut profesionalisme dari berbagai pihak yang berhubungan dengan proses belajar mengajar yang meliputi guru/dosen, mahasiswa, metode pembelajaran, media, bahan ajar dan lainnya. Semua komponen tersebut harus saling mendukung dan melengkapi agar proses belajar mengajar dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas mahasiswa dalam praktek pembelajaran. Hal ini bertujuan untuk memberikan pembinaan kepada mahasiswa ketika kelak menjadi pendidik yaitu dengan menggunakan lesson study sebagai inovasi pembelajaran. Lesson study adalah model pembinaan profesi pendidik yang dilakukan dengan pengkajian pembelajaran secara kolaboratif dan berkelanjutan dengan menerapkan berbagai metode/strategi pembelajaran yang sesuai dengan situasi, kondisi dan permasalahan yang dihadapi dan dilakukan oleh sejumlah pendidik dan pakar pembelajaran yang mencakup tiga tahapan yaitu melakukan perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan refleksi dan evaluasi (see). Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester empat. Data yang diperoleh dengan observasi dan wawancara dianalisa dengan menggunakan persentase dan nilai. Hasil observasi pada pelaksanaan lesson study menunjukkan hasil cukup baik sedangkan penerapan lesson study dapat meningkatkan efektivitas mahasiswa dalam praktek pembelajaran.
Copyrights © 2023