Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan
Vol 14, No 3 (2023): Juli

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI PEMBELAJARAN MATHAPP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Muhammad Rafi Fajar Rizky (Universitas Mercu Buana Yogyakarta)
Nafida Hetty Marhaeni (Universitas Mercu Buana Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
07 Jul 2023

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi pembelajaran MathApp dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pretest posttest control group design. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Pengasih. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIPA 2 dan X MIPA 4. Pemilihan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan observasi, wawancara, dan penyebaran soal pretest dan posttest kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Hipotesis penelitian ini adalah penggunaan aplikasi pembelajaran Mathapp berbasis android dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik daripada pembelajaran langsung tanpa menggunakan aplikasi pembelajaran MathApp. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan aplikasi pembelajaran MathApp yang memuat indikator kemampuan pemecahan masalah terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Kesimpulan ini didapatkan berdasarkan hasil uji statistik yaitu uji Wilcoxon Signed Rank Test dimana hasil uji dari kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki sig. 2 tailed < 0,05, uji Mann-Whitney U Test dimana memiiki sig. 2 tailed < 0,05, dan uji perbedaan rata-rata yang menunjukkan peningkatan di kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu 55,16 dan 28,58 yang menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan aplikasi pembelajaran MathApp lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik daripada pembelajaran tanpa menggunakan aplikasi pembelajaran MathApp.Abstract:  The purpose of this study was to determine the effectiveness of using the MathApp learning application in improving students' problem solving abilities. This type of research was experimental research using a pretest posttest control group design. The population used in this study were students of class X SMA Negeri 1 Pengasih. The sample used in this study were students in class X MIPA 2 and X MIPA 4. The sample selection was carried out using a purposive sampling technique. The data collection technique used was observation, interviews, and the distribution of pretest and posttest questions on students' problem solving abilities in the material system of equations of three linear variables. The research hypothesis is that the use of the Android-based Mathapp learning application can improve students' problem-solving skills rather than direct learning without using the MathApp learning application. The results of this study are the use of the MathApp learning application which contains indicators of problem-solving abilities that have proven to be effective in improving students' problem-solving abilities. This conclusion was obtained based on the results of statistical tests, namely the Wilcoxon Signed Rank Test where the test results from the experimental class and the control class had sig. 2 tailed <0.05, Mann-Whitney U Test which has sig. 2 tailed < 0.05, and the average difference test shows an increase in the experimental class and control class, namely 55.16 and 28.58 which shows that that learning using the MathApp learning application is more effective in improving students' problem solving abilities than learning without using the MathApp learning application.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

paedagoria

Publisher

Subject

Education

Description

Theoretical studies, research and development of teaching materials, activities, models or learning media in the field of education include mathematics and natural sciences (physics, chemistry, biology, science, ICT, and its applications); (2) social science, history, geography, culture and economy; ...