Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 6, No 2: Juni 2023

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERNALAR KRITIS PADA PELAJARAN IPS MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTU METODE GALLERY WALK

Astri Astri (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Misriandi Misriandi (Universitas Muhammadiyah Jakarta)
Siti Zuraidah (SDN Bugel 3)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan bernalar kritis pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial peserta didik dengan menggunakan model Project-Based Learning (PjBL) berbantu metode Gallery Walk. Penelitian ini dilakukan di Kelas VB SD Negeri Bugel 3 Kota Tangerang. Proses penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan proses Prasiklus, Siklus 1, Siklus 2, dan Siklus 3. Pada kegiatan prasiklus diketahui nilai hasil belajar rata-rata peserta didik sebesar 50,19 nilai tersebut masih di bawah KKM 75, sehingga perlu diadakan perbaikan kembali. Maka pada Siklus 1 menunjukkan hasil belajar sebesar 89,07%, hasil belajar Siklus 2 mencapai 89,11% yang mana nilai tersebut belum ada peningkatan, dan dilakukan tindakan kembali didapatkan hasil belajar pada Siklus 3 menjadi 93,36%. Sedangkan untuk kemampuan bernalar kritis pada kegiatan prasiklus didapatkan 33,9%, Siklus 1 sebesar 80,4%, Siklus 2 menjadi 79,82%,  dan 82,75% untuk siklus 3. Pada siklus ini telah mencapai ketuntasan belajar karena nilai rata-rata peserta didik telah mencapai di atas KKM 75. Dari hasil penelitian ini maka diketahui bahwa penggunaan model Project-Based Learning (PjBL) dengan metode Gallery Walk dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan bernalar kritis pada peserta didik di kelas VB.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal elementary merupakan jurnal yang memuat naskah atau hasil penelitian di bidang Pendidikan Dasar yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UM Mataram dan terbit pertama kali Januari 2018. Jurnal Elementary diperuntukan untuk mempublikasikan tulisan Dosen ...