Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan bernalar kritis pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial peserta didik dengan menggunakan model Project-Based Learning (PjBL) berbantu metode Gallery Walk. Penelitian ini dilakukan di Kelas VB SD Negeri Bugel 3 Kota Tangerang. Proses penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan proses Prasiklus, Siklus 1, Siklus 2, dan Siklus 3. Pada kegiatan prasiklus diketahui nilai hasil belajar rata-rata peserta didik sebesar 50,19 nilai tersebut masih di bawah KKM 75, sehingga perlu diadakan perbaikan kembali. Maka pada Siklus 1 menunjukkan hasil belajar sebesar 89,07%, hasil belajar Siklus 2 mencapai 89,11% yang mana nilai tersebut belum ada peningkatan, dan dilakukan tindakan kembali didapatkan hasil belajar pada Siklus 3 menjadi 93,36%. Sedangkan untuk kemampuan bernalar kritis pada kegiatan prasiklus didapatkan 33,9%, Siklus 1 sebesar 80,4%, Siklus 2 menjadi 79,82%, dan 82,75% untuk siklus 3. Pada siklus ini telah mencapai ketuntasan belajar karena nilai rata-rata peserta didik telah mencapai di atas KKM 75. Dari hasil penelitian ini maka diketahui bahwa penggunaan model Project-Based Learning (PjBL) dengan metode Gallery Walk dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan bernalar kritis pada peserta didik di kelas VB.
Copyrights © 2023