Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 4 No 2 (2022): Periode Juli - Oktober

OPTIMALISASI KEBUTUHAN BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI

Alifia Rosyida (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Siti Nurjanah (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Andri Wicaksono (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Ikhsan Maulana (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Achmad Fathoni (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Minsih Minsih (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2023

Abstract

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan salah satu upaya untuk menyesuaikan kegiatan pembelajaran yang dilakukan didalam kelas dengan memenuhi kebutuhan belajar unik setiap individu siswa. Melalui pembelajaran berdiferensiasi guru akan memberikan fasilitas kepada siswa sesuai dengan kebutuhannya. Sehingga semua kebutuhan siswa dapat terpenuhi sesuai dengan minat atau profil belajar yang dimiliki. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang akan digunakan dalam memenuhi kebutuhan belajar siswa sesuai dengan karakteristik setiap individu melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka yang berasal dari sumber primer berupa artikel, buku, dan surat kabar elektronik. Dari kajian pustaka tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa Pembelajaran berdiferensiasi dapat membantu siswa mendapatkan yang terbaik dari pembelajaran mereka karena mereka akan menghasilkan produk yang sesuai dengan minat mereka.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Elementa: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah dasar merupakan salah satu sarana untuk memfasilitasi akademisi, praktisi, guru, pengawas, dan instruktur bidang pendidikan di tingkat Sekolah Dasar. Elementa menjadi sebuah wadah untuk menyalurkan bakat menulis bagi para peneliti bidang pendidikan di tingkat ...