Optika : Jurnal Pendidikan Fisika
Vol. 7 No. 1 (2023): OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika

ANALISIS EFEKTIVITAS E-LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA PADA SISWA SMA

Nurul Fitria (Universitas Jember)
Rahmatul Ula Asshaumi (Universitas Jember)
Yusinta Dewi Amalia Putri (Universitas Jember)
Netty Berliana Herman (Universitas Jember)
Rif’ati Dina Handayani (Universitas Jember)
Pramudya Dwi Aristya Putra (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Ilmu fisika merupakan salah satu pelajaran yang dianggap sangat abstrak, sehingga sangat diperlukan media pembelajaran sebagai penunjang dalam pembelajaran fisika. Sebagai salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan yaitu e-learning. E-Learning merupakan sebuah pendekatan dari pembelajaran elektronik yaitu sebuah proses pembelajaran yang penyampaian materinya melalui diskusi, ujian dan lain-lain. Penelitian ini membahas tentang efektivitas e-learning sebagai media pembelajaran fisika di SMA Nasional Malang. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Data diperoleh melalui pengisian kuesioner oleh 41 siswa SMA dengan peminatan IPA. Berdasarkan hasil penelitian, sebanyak 78,6% siswa telah menggunakan e-learning sebagai media pembelajaran fisika. Mayoritas siswa (59,9%) mengakses platform e-learning hanya sekali dalam seminggu. Siswa menyatakan bahwa e-learning cukup membantu (59,1%) dalam pemahaman konsep fisika, dan kualitas konten pembelajaran fisika di e-learning dinilai baik oleh 52,3% siswa. Interaksi antara guru dan siswa dalam e-learning dianggap cukup memadai oleh 69,8% siswa. Penggunaan multimedia (video, gambar, animasi) dalam e-learning dinilai membantu pemahaman konsep fisika oleh sebagian besar siswa (47,6% cukup baik, 35,7% sangat membantu). Siswa juga menganggap e-learning cukup fleksibel dalam waktu belajar (68,3%) dan memberikan kesempatan untuk latihan dan pengulangan materi fisika (65,1%). Selain itu, sebagian siswa (44,2%) menyatakan bahwa e-learning membantu meningkatkan motivasi dalam belajar fisika.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

optika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

OPTIKA adalah jurnal yang mengkomunikasikan kemajuan ilmiah di bidang pendidikan fisika dan ilmu fisika. OPTIKA juga melaporkan temuan baru yang signifikan terkait dengan pendidikan sains (IPA) pada tingkat dasar dan menengah, termasuk: pengembangan media pembelajaran, pengembangan metode ...