Jurnal Edukasi Biologi
Vol 6, No 7 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No7 Tahun 2017

PENYUSUNAN PANDUAN IDENTIFIKASI SPESIES CAPUNG BERDASARKAN PENELITIAN KEANEKARAGAMAN CAPUNG DI RAWA JOMBOR KLATEN

Hening Triandika Rachman (Unknown)
Sukarni Hidayati (Unknown)
Triatmanto Triatmanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyusunan aplikasi, kualitas dan kelayakan media Penyusunan Panduan Identifikasi Spesies Capung, Berdasarkan Penelitian Keanekaragaman Capung di Rawa Jombor Klaten ditinjau dari aspek isi, tampilan, serta nilai fungsional sebagai alternatif sumber belajar menurut penilaian pakar dan tanggapan siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R D). Model yang digunakan dalam penelitian model ADD terbatas (Analysis, Design, Development) mengacu Robert Maribe Branch, 2009. Penelitian dan pengembangan sumber belajar biologi menghasilkan produk prototype sumber belajar berupa Aplikasi Panduan Identifikasi Spesies Capung. Hasil penelitian menunjukan proses dan produk penelitian berpotensi sebagai bahan ajar dalam bentuk aplikasi panduan identifikasi capung. Kualitas aplikasi panduan identifikasi capung berdasarkan hasil validasi oleh ahli media, ahli materi dan Guru Biologi dikatakan berkualitas baik. Kelayakan aplikasi menurut ahli materi, ahli media, Guru Biologi dan peserta didik, dikatakan kategori sangat baik. Kata kunci : Panduan Identifikasi, Capung, Rawa Jombor 

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jeb

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Edukasi Biologi merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi, Departemen Pendidikan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitakan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dan hasil kajian analisis literatur di bidang pendidikan ...