Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VI pada materi operasi hitung pecahan di SD Negeri 9 Sumerta, Denpasar Timur, Provinsi Bali melalui penerapan model pembelajaran kuantum. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yag dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI yang terdiri dari 30 orang siswa sedangkan objek penelitian ini adalah hasil belajar matematika. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes tulis pada setiap akhir siklus. Data yang telah dikumpulkan tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil tes siklus I sebesar 60,67 dengan tingkat ketuntasan belajar 63,00% dan nilai rata-rata siklus II sebesar 79,33 dengan tingkat ketuntasan belajar 90%. Simpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kuantum dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Implikasi penelitian ini adalah menumbuhkan rasa ingin tahu siswa dan membuat suasana pembelajaran yang menyenangkan agar memotivasi keaktifan siswa di dalam proses pembelajaran sehingga siswa mendapatkan hasil belajar yang lebih maksimal.Kata Kunci: Model Pembelajaran Kuantum, Hasil Belajar Matematika
Copyrights © 2022