Jurnal Smart Paud
Vol. 5 No. 2 (2022): Edisi Juli 2022

Evaluasi Program Pembelajaran Model Belajar dari Rumah Pada Taman Kanak-Kanak di Masa Pandemi

Dhafet, Nur Aeni Muhlisa (Unknown)
Haryono (Unknown)
Handayani, Sri Sularti Dewanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis evaluasi terhadap konteks (context), masukan (input), prosesĀ  (process) dan produk (product) pada pembelajaran model BdR di TK Negeri Pembina Semarang. Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, dan orang tua anak. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Komponen Context berkaitan dengan pemahaman guru tentang tujuan pembelajaran dari rumah sudah baik, bahwa pembelajaran di TK sudah terpenuhi. Komponen Input berkaitan dengan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang dibuat guru kelasĀ  sudah sesuai dengan indikator yang ada dalam Permendikbud No. 22 Tahun 2016 terkait perencanaan pembelajaran dari rumah secara online dan home visit. Pada komponen proses BdR di TK yaitu dilaksanakan dengan metode pembelajaran online dan dengan melakukan home visit. Namun masih ada kendala yaitu kurangnya pengetahuan orang tua untuk selalu membimbing anak selama pembelajaran di rumah dilaksanakan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Smart PAUD contains research articles in the field of early childhood education with focus and coverage including curriculum, early childhood development, education management, teaching materials, learning Media, learning assessments, strategies/models/methods/approaches/learning techniques, ...