Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 2 No 1 (2023): Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam

Pembelajaran Klasikal dalam Menghafal Surat-Surat Pendek Dan Do’a Harian di TPQ Masjid Nurul Jannah Karangrejo Metro Utara

M. Sayyidul Abrori (IAIMNU Metro Lampung)
Hasyim Asy'ari (IAIMNU Metro Lampung)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat pembelajaran klasikal dalam menghafal Al-Qur'an di TPQ Masjid Nurul Jannah Karangrejo Metro Utara dengan menggunakan teori gerakan ganda. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di TPQ Masjid Nurul Jannah Karangrejo. Subyek penelitian ini adalah Ustadz  dan peserta  didik.  Teknik pengumpulan  data  yang  dipakai  yaitu  observasi,  wawancara dan  dokumentasi.  Teknik  analisis  data  mencakup reduksi  data,  penyajian  data,  penarikan kesimpulan. Kemudian    pengecekan  keabsahan  data    dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (a) pembelajaran klasikal mampu memberikan pembelajaran yang mudah diterima siswa sehingga mampu menghafal Al-Qur'an, (b) dengan menerapkan pembelajaran klasikal di TPQ Masjid Nurul Jannah Karangrejo Metro Utara. ustadz mudah mengajarkan hafalan seperti mengaji, membaca doa, (c) dengan diterapkannya pembelajaran klasikal di TPQ Masjid Nurul Jannah Karangrejo Metro Utara pembelajaran menjadi menyenangkan dan menjadi kondusif untuk pembelajaran di kelas sehingga siswa menjadi belajar dahulu kala dan mampu menghafal hafalan yang diberikan oleh ustad atau ustadz.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

arrusyd

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

Fokus dan ruang lingkup Jurnal Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam adalah isu-isu penting dan aktual tentang pendidikan agama Islam seperti Penelitian tindakan kelas dalam pendidikan Islam, Ilmu pendidikan Islam, Strategi pembelajaran pendidikan Islam, Kurikulum pendidikan Islam, Manajemen ...