Matrix: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 1 No 1 (2022): Matrix: Jurnal Pendidikan Matematika

ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA

Purwati, Purwati (Unknown)
Taha, Ikhsan (Unknown)
Bakar, Marwia Tamrin (Unknown)
Lanani, Karman (Unknown)
Malik, Ririn Purwati (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Nov 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kemampuan kritis siswa SMA pada materi limit fungsi aljabar. Subjek penelitian ini adalah 15 siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Halmahera Selatan data kemampuan berpikir kritis siswa diperoleh melalui: Tes, wawancara dan dokumntasi, data tersebut di analisis dengan kemampuan berpikir kritis siswa di klarivikasi dalam kategori tinggi, sedang dan rendah. Hasil penelitian menunjukan terdapat 5 siswa (13%) memiliki kemampuan berpikir kritis matematis tinggi, 4 siswa (11%) memiliki kemampuan berpikir kritis sedang, dan 6 siswa (16%) memiliki kemampuan berpikir kritis rendah secara keseluruhan kemampuan berpikir kritis matemati siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Halmahera Selatan dalam kategori sedang. Siswa dengan kemampuan berpikir kritis kategori tinggi dapat menyelesaikan masalah limit fungsi aljabar, siswa dengan kategori sedang kurang mampu menyelesaikan masalah limit fungsi aljabar, dan siswa kategori rendah belum mampuh menyelesaikan masalah limit fungsi aljabar dengan benar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

matrix

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Jurnal Matrix mewadahi tulisan hasil kajian dan penelitian dalam bidang ilmu Matematika dan Pendidikan Matematika dengan berbagai frame penelitian seperti Penelitian pengembangan/R&D Penelitian Tindakan Kelas Educational Design Research Eksperimen dengan berbagai Jenisnya Studi Kualitatif ...