Proceeding Seminar Nasional IPA
2022

MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP MAHASISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING

Nurita, Tutut (Unknown)
Fauziah, An Nuril Maulida (Unknown)
Astriani, Dyah (Unknown)
Erman (Unknown)
Susiyawati, Enny (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2022

Abstract

Kegiatan pembelajaran dengan menggunakan inkuiri memfasilitasi mahasiswa aktif dalam menganalisis dan menemukan informasi secara teratur seperti pada inkuiri terbimbing. Hal ini dapat membantu mahasiswa dalam menguasai konsep-konsep yang berguna dalam memecahkan suatu masalah, terutama pada indikator analisis dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan metode pretest dan posttest sebanyak 40 mahasiswa. Hasil penelitian dianalisis menggunakan rubrik Bartels dan metode Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan jumlah mahasiswa yang menguasai konsep analisis dan evaluasi sehingga inkuiri terbimbing efektif membantu mahasiswa menguasai konsep termodinamika.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

snipa

Publisher

Subject

Education

Description

Proceeding Seminar Nasional IPA berisi artikel yang bertema inovasi pembelajaran IPA, penelitian dibidang IPA dan ilmu lingkungan yang berasal dari kegiatan Seminar Nasional IPA. Kegiatan Seminar Nasional IPA sendiri merupakan kegiatan yang diselengarakan oleh Jurusan IPA Terpadu UNNES dengan ...