Proceeding Seminar Nasional IPA
2022

Pentingnya Mengoptimalkan Literasi Kimia Melalui Pembelajaran Berbasis Isu-isu Sosiosaintifik di Abad Ke-21

Dewi, Citra Ayu (Unknown)
Rahayu, Sri (Unknown)
Muntolib (Unknown)
Parlan (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2022

Abstract

Literasi kimia, sangat diperlukan untuk diajarkan kepada siswa agar mereka dapat hidup di tengah-tengah masyarakat modern abad 21. Berbagai upaya telah dilakukan di berbagai negara termasuk Indonesia untuk meningkatkan literasi kimia siswa, misalnya upaya diluncurkannya kurikulum baru 2013. Studi ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana cara menilailiterasi kimia dan mendesain pembelajaran kimia yang berorientasi pada peningkatan literasi kimia siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi literature. Hasil studi menunjukkan bahwa cara menilai literasi kimia dapat menggunakan kerangka literasi sains PISA dan literasi kimia Shwartz. Sedangkan pembelajaran kimia dapat didesaindengan mengoptimalkan aspek-aspek dalam literasi kimia melalui pembelajaran berbasis isu-isu sosiosaintifik yaitu memilih topik kimia yang memiliki banyak relevansinya bagi kehidupan siswa dan mencakup pengetahuan deklaratif, prosedural serta epistemik; menentukan konteks yang relevan, kontemporer atau isu-isu sosiosaintifik; menentukan nilai-nilai afektif dan carabelajar siswa yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran berorientasi literasi kimia. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis isu-isu sosiosaintifik dapat mengoptimalkan aspek literasi dalam pembelajaran kimia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

snipa

Publisher

Subject

Education

Description

Proceeding Seminar Nasional IPA berisi artikel yang bertema inovasi pembelajaran IPA, penelitian dibidang IPA dan ilmu lingkungan yang berasal dari kegiatan Seminar Nasional IPA. Kegiatan Seminar Nasional IPA sendiri merupakan kegiatan yang diselengarakan oleh Jurusan IPA Terpadu UNNES dengan ...