Tadris al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban
Vol 1, No 1 (2022): Tadris Al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif (STAD) Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Pelajaran Qirāah dan Kitābah

Kodir, Abdul (Unknown)
Syafiq, Royhan Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2023

Abstract

Proses pembelajaran tentu akan berkembang mengikuti zaman, maka dari itu muncul lah model pembelajaran kooperatif. Tujuan model pembelajaran kooperatif ini adalah agar siswa selalu aktif dalam setiap proses pembelajaran, serta agar guru terus mencoba jenis pembelajaran yang cocok bagi siswa. Di kelas 11 IPA  MA Persis Ciganitri, para siswanya terlihat kurang bersemangat dalam mengerjakan tugas yang diberikan. Terlihat hanya 44%-48% saja siswa yang aktif dalam mengerjakan tugas pada pemberlajaran Qirāah dan Kitābah. Dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif berjenis STAD diharapkan dapat meningkatkan semangat mereka. Dan setelah menerapkan model tersebut hasilnya pun meningkat menjadi 88%. Meskipun pada pelaksanaannya masih terdapat siswa yang mengandalkan siswa yang cerdas

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ta

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Tadris Al-Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban is a peer-reviewed journal on Arabic education field and intended to communicate original research and current issues on the subject. It is published twice a year since 2022 (April and October) in press version and open journal ...