JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
Vol 8, No 3 (2023): Juni, socio-economics, community law, cultural history and social issues

Studi Pengembangan Bahasa Anak Di Tk Hosana Soe

Irsan Bertinus Tondowala* (Department Of English Education S1 Study Program, Tentena Christian University, Poso, Sulawesi Tengah)
Yohanis Tarukallo (Department Of English Education S1 Study Program, Tentena Christian University, Poso, Sulawesi Tengah)
Sulvia Fery Hanry Tondowala (Department Of Early Childhood Education Programs S1 Study Program, Tentena Christian University, Poso, Sulawesi Tengah)
Ni Made Erliana (Department Of Mathematics S1 Study Program, Tentena Christian University, Poso, Sulawesi Tengah)
Yuyun Alfasius Tobondo (Department Of Mathematics S1 Study Program, Tentena Christian University, Poso, Sulawesi Tengah)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan mendeskripsikan tentang  pengembangan bahasa anak di TK Hosana Soe. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, Adapun teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara kepada guru dan Kepala Sekolah yang berjumlah 3 orang, observasi kemampuan berbahasa anak kepada anak di Kelas B TK Hosana Soe yang berjumlah 11 orang anak.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa  pelaksanaan pengembangan bahasa anak telah berjalan dengan baik melalui strategi dan metode-metode yang telah digunakan seperti metode bercerita, bermain peran dan metode bercakap-cakap selain itu hasil observasi menunjukkan bahwa sebagian besar anak telah baik dalam kemampuan berbahasanya, namun masih ada kendala-kendala yang dihadapi seperti kurangnya fasilitas dan kemampuan guru dalam memilih metode yang tepat

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History Education; (2) History of Education; (3) Social Sciences; (4) Social Sciences Education; (5) Sociology Education; (6) Economi; (7) Social Economi; (8) Law, (9) History of Military; (10) Philosophy of History; (11) Historiography; (12) Humanities; (13) ...