Abstract: The purpose of this research is to describe the improvement in the ability to say the order of numbers from one to twenty, the ability to recognize the concept of numbers and symbols of numbers, and the ability to classify the concepts of equal and unequal numbers, many and few, using congkak. The type used is classroom action research. Data collection techniques, namely observation and documentation, data collection tools using observation guidelines. The findings from research show that playing with congkak can improve children's numeracy skills in naming numbers from one to twenty, recognize the concept of numbers and number symbols, and classify the concepts of equal and unequal numbers, many and few. It is suggested to educators to be able to use the method of playing by using congkak in improving children's numeracy skills. Abstrak: Tujuan penelitian ini mendeskripsikan peningkatan kemampuan menyebutkan urutan bilangan satu sampai dua puluh, kemampuan mengenal konsep bilangan dan lambang bilangan, dan kemampuan mengelompokkan konsep bilangan sama dan tidak sama, banyak dan sedikit, dengan menggunakan congkak. Jenis yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan dokumentasi, alat pengumpulan data menggunakan pedoman observasi. Temuan dari penelitian bahwa bermain dengan menggunakan congkak dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak dalam menyebutkan urutan bilangan satu sampai dua puluh, mengenal konsep bilangan dan lambang bilangan, dan mengelompokkan konsep bilangan sama dan tidak sama, banyak dan sedikit. Disarankan kepada pendidik agar dapat menggunakan metode bermain dengan menggunakan congkak dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023