Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 6 No. 2 (2023): Volume 6 No. 2 Tahun 2023

PENGALAMAN BIMBINGAN TUGAS AKHIR, PERSPEKTIF MAHASISWA

M. Dahlan R (UIKA Bogor)
Noor Isna Alfaien (UIKA Bogor)
Alfina Ramadhani (UIKA Bogor)
Inas Yasmina Salsabila (UIKA Bogor)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2023

Abstract

Tugas akhir menjadi kewajiban bagi mahasiswa diperguruan tinggi untuk diselesaikan sebagai syarat kelulusannya, dalam setiap tugas akhir akan didampingi oleh pembimbing yang memberikan arahan dan motivasi bagi mahasiswa, serta menjadi pengalaman tersendiri yang berharga. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui persepsi mahasiswa terhadap pembimbing tugas akhir. Penelitian berbasis survei ini dilaksanakan di prodi PAI FAI UIKA, dilaksankaan sejak 1-20 Agustus 2023, dengan jumlah responden sebanyatk 246 orang angkatan 2018, sampel diambil dengan cara purposif sampling. Angket dikembangkan dengan 3 indikator dalam 23 pernyataan bentuk google form dan disebarkan memalui whatshap group, dilakukan validasi dengan diskusi sejawat dan dianalisis dengan prosentase sederhana dengan interval penilaian 1-5. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembimbing memiliki waktu cukup (3) dalam melaksanakan bimbingan,  dan cukup (3) dalam memotivasi dan memberikan perhatian dinyatakan oleh 60% dan 54% responden, serta perlu peningkatan kompetensi dinyatakan oleh 81% responden

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...