Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengelolaan sumber daya manusia (SDM) dalam konteks pendidikan inklusif di sekolah. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur untuk mengidentifikasi peran kunci kualifikasi guru, penempatan siswa, kolaborasi tim, kepemimpinan sekolah, dan alokasi sumber daya finansial dalam mendukung pendidikan inklusif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan SDM yang optimal adalah pondasi penting dalam memastikan kesuksesan pendidikan inklusif. Guru yang berkualifikasi, dukungan siswa dengan kebutuhan khusus di kelas reguler, kolaborasi tim yang efektif, kepemimpinan sekolah yang berkomitmen, dan alokasi anggaran yang memadai menjadi faktor kunci. Temuan ini memiliki implikasi penting untuk pengembangan kebijakan dan praktik dalam pendidikan inklusif di sekolah, dengan harapan meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan hak pendidikan yang setara bagi semua siswa.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023