Jurnal Manajemen Perhotelan dan Pariwisata
Vol. 6 No. 2 (2023)

Analisa Tingkat Kepuasan Pengunjung Teras Malioboro Dalam Upaya Menciptakan Pengelolaan Berkelanjutan

Mahanani, Sumiyar (Unknown)
Sulistyo, Agung (Unknown)
Adianto (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2023

Abstract

Bisnis berkelanjutan tidak hanya berfokus pada pemberian layanan, namun juga memahami presepsi konsumen. Dengan demikian, bisnis mampu menghasilkan produk yang sesuai dengan kebutuhan. Penelitian ini bertujuan mengetahui sikap pengunjung terhadap Teras Malioboro. Studi ini menggunakan desain penelitian campuran (mix methode) melalui pendekatan konvergen. Metode tersebut dikombinasikan dengan analisa Fishbein sebagai salah satu cara menganalisa produk multi-atribut. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner yang disebar kepada 379 responden. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan wawancara untuk mengetahui pengalaman pengunjung. Atribut yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya: produk lengkap, instagramable, panggung hiburan, lokasi strategis, serta menjadi daya tarik wisata baru. Berdasarkan hasil analisa sikap pengunjung terhadap Teras Malioboro diperoleh nilai sebesar 79,069. Nilai tersebut berada padi titik potong antara netral dan setuju. Instagramable menjadi atribut yang memiliki nilai paling besar (17,744). Hasil tersebut menegaskan jika kemampuan memahami dan memberikan layanan terbaik dapat dilakukan sebagai upaya menciptakan keberkelanjutan bisnis.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JMPP

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

The journal is committed to a broad range of topics including tourism and travel management, leisure and recreation studies and the emerging field of event management. It contains both theoretical and applied research papers, and encourages the submission of the results of collaborative research ...