Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 7 No. 2 (2022): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS SISWA KELAS III UPT SPF SD INPRES PACCERAKANG KOTA MAKASSAR

Wa Ode Desna Sari (Universitas Bosowa)
Mas'ud Muhammadiah (Universitas Bosowa)
Asdar (Universitas Bosowa)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap keterampilan menulis siswa kelas III UPT SPF SD Inpres Paccerakkang Kota Makassar. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, sedangkan jenis penilitian adalah pra-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Variabel terikat yaitu keterampilan menulis dan variabel bebas yaitu project based learning. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas III.C SD Inpres Paccerakkang yang berjumlah 25 siswa. Instrument yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis inferensial pada uji t. hasil penelitian ditunjukkan dengan nilai mean pretest keterampilan menulis sebesar 36,8 dan mean posttest sebesar 82,4. Berdasarkan analisis inferensial pada uji t menunjukkan nilai thitung ttabel atau 13,94 1,711 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan menggunakan project based learning terhadap keterampilan menulis siswa kelas III UPT SPF SD Inpres Paccerakkang.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

embriopendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar adalah Jurnal yang Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (p-ISSN 2528-357X| e-ISSN 2961-8495) adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini terbit secara offline sejak 2016 dan online sejak ...