Metakognisi : Jurnal Kajian Pendidikan
Vol 5 No 2 (2023): Metakognisi

Meningkatkan Minat Belajar Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Konvensional Dalam Pembelajaran Matematika

Juniawan, Surdaya (Unknown)
Siti Nurhasanah (Unknown)
Hadromi (Unknown)
Siti Silvia (Unknown)
Asep Sapullah Kamali (Unknown)
Ismi Widyaningrum (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2023

Abstract

Penggunaan media pembelajaran modern seperti laptop, chrombook, gadget, proyektor, powerpoin bisa digunakan apabila sudah ditunjang dengan fasilitas atau sarana yang memadai. Namun dibeberapa sekolah fasilitas penunjang pembelajaran tersebut masih masih belum bisa digunakan karena minimnya sarana sehingga media yang digunakan masih bersifat konvensional seperti penggunaan karton, kartu dan lain-lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas X di Madrasah Aliyah Negeri 2 Pandeglang pada pembelajaran matematika. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan pengisian angket. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan minat belajar siswa denga menggunakan media pembelajaran konvensional. Penggunaan media pembelajaran konvensional digunakan karena media pembelajaran berbasis modern belum bisa dilakukan karena masih minimnya fasilitas sekolah. Meski demikian, minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran pada mata pelajaran matematika semakin membaik, hal itu dilihat dari keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran dan ditunjukan dalam hasil pengisisan angket.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

metakognisi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Metacognition is a journal of educational studies that contain writing the results of thought analysis, conceptual studies and research in the field of ...