Didaktika: Jurnal Kependidikan
Vol. 12 No. 3 (2023): DIDAKTIKA Agustus 2023

Hambatan dan Solusi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada Jenjang Sekolah Dasar: Sebuah Kajian Literatur

Syasya Khoirin Nisa’ (Magister Psikologi Universitas Airlangga, Surabaya)
Nono Hery Yoenanto (Magister Psikologi Universitas Airlangga, Surabaya)
Nur Ainy Fardana Nawangsari (Magister Psikologi Universitas Airlangga, Surabaya)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) jika ditinjau dari fakta di lapangan menunjukkan belum sepenuhnya terwujud karena berbagai persoalan, tidak terkecuali pada jenjang Sekolah Dasar. Maka dari itu penting dilakukan evaluasi, dimulai dengan mengidentifikasi hambatan sehingga tepat dalam menentukan solusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hambatan sekaligus solusi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada jenjang SD. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan tipe naratif. Data diperoleh melalui beberapa situs database yakni Google Scholar, ResearchGate, dan Garuda Kemdikbud, dengan total 10 jurnal terpilih dan sesuai kriteria. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan dalam IKM berasal dari empat aspek, yaitu 1) terkait sarana-prasarana; 2) SDM guru dan tenaga pendidik, 3) kondisi siswa, keluarga, dan lingkungan; 4) ketimpangan kebijakan pemerintah. Adapun solusi bagi hambatan tersebut yaitu 1) memaksimalkan bantuan pendanaan dari pemerintah; 2) guru aktif mengikuti pelatihan (workshop) terkait IKM; 3) menjalin kerjasama yang baik pada semua warga sekolah, dan; 4) menerapkan kebijakan sesuai Kurikulum Merdeka jika terjadi ketimpangan kebijakan pemerintah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

contents

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Material Development Testing, Assessment, & Evaluation Teacher Professional Development Learning Activities Education Policy Learning Facilities & ...