REDUPLIKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia
Vol 3, No 1 (2023): (Juni 2023)

Analisis Level Kritis Taksonomi Barret Pada Soal Pemantapan Asesmen Daerah Literasi Membaca Siswa SMP Daerah Istimewa Yogyakarta

Himawan, Riswanda (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Jun 2023

Abstract

Permasalahan berkaitan dengan literasi membaca, masih menjadi permasalahan utama dan terutama bagi siswa Indonesia. Permasalahan ini dibuktikan dengan hasil PISA dan PIRLS yang menujukkan kualitas siswa Indonesia prihal membaca masih rendah. Selaras dengan pernyataan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis level kritis taksonomi barret pada soal pemantapan dan perisapan ASPD literasi membaca siswa SMP di DIY. Tujuan penelitain tersebut dimaksudkan untuk memberikan pijakan guru dan peserta didik khususnya pada jenjang SMP berkaitan dengan soal literasi membaca yang menjadi tuntutan guru dan peserta didik saat ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif. Langkah penelitian dilakukan meliputi 5 tahapan. (1) membaca dan mencermati setiap butir soal literasi membaca persiapan ASPD, buatan guru; (2) menglasifikasikan tiap butir soal sesuai dengan taksonomi Barrett; (3) menelaah kembali butir soal yang telah diklasifikasikan dengan melakukan validitas kepada teman sejawat; (4) melakukan pencermatan secara mendalam terhadap setiap butir soal, dan menyesuaikannya dengan pendapat ahli serta penelitian yang relvan; dan (5) melakukan analisis hasil penelitian dan menyimpulkan temuan penelitian. Dalam penelitian ini, juga akan dideskripsikan taksonomi Barrett yang dominan digunakan guru dan dikerjakan oleh peserta didik dalam soal evaluasi tersebut. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian mengenai ‘‘Kualitas Soal Persiapan dan Pemantapan ASPD Literasi Membaca di SMP Daerah Istimewa Yogyakarta Tinjauan Level Kritis Taksonomi Barret‘‘dari 50 soal yang dianalisis, dapat diketahui bahwa taksonomi Barrett yang cenderung muncul dalam soal tersebut adalah taksonomi Barrett kategori Inferensial Comprehention (pemahaman tersirat).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Reduplikasi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

REDUPLIKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia menerbitkan hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh pakar, pendidik, ilmuan, dan praktisi pendidikan pada bidang ilmu-ilmu Pengajaran Pendidikan Bahasa Indonesia, Linguistik, Sastra, Seni, dan Budaya. Terbit dengan open akses ...