Permasalah yang ada pada mata pelajaran desain grafis percetakan di SMK E Adikarya Linggo Sari Baganti belum tersedianya media pembelajaran e-book interaktif, siswa belajar menggunakan modul yang di bagikan sehingga siswa sulit untuk memahami materi saat proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-book interaktif yang valid dan praktis. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Subjek penelitian ini berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket skala likert. Teknik analisis data dalam pengembangan e-book interaktif adalah kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan nilai rata-rata uji validitas ahli media sebesar 0,90% dengan kategori sangat valid dan ahli materi sebesar 0,89% dengan sangat kategori valid. Untuk uji praktikalitas terhadap respon guru mencapai 86,67% dengan kategori sangat praktis dan untuk respon siswa mencapai 84,12% dangan kategori sangat praktis. Kesimpulan serta hasil uji coba lapangan e-book interaktif sudah di uji kelayakan dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran desain grafis percetakan.
Copyrights © 2023