Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol 1, No 1 (2022)

Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Pendekatan Klinis dalam Supervisi Pendidikan

Marlian Rahmadini (IAIN BATUSANGKAR)
Jamilus Jamilus (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Jun 2022

Abstract

Pendidikan merupakan suatu kebutuhan yang sangat penting bagi setiap bangsa dan  negara, karena pendidikan menyangkut masa depan seseorang, masa depan bangsa dan negara. Keberhasilan pendidikan tidak terlepas dari kualitas pendidikan yang dihasilkan. Salah satu faktor penentu kualitas pendidikan ini dapat dilihat dari kualitas kinerja guru dalam lembaga pendidikan tersebut. Kualitas kinerja guru dapat dipengaruhi oleh bagaimana seorang kepala sekolah sebagai supervisor mampu untuk meningkatkan kualitas profesionalisme kinerja guru dan kesejahteraannya. Kepala sekolah dalam pendidikan perlu mengubah pandangan yang bersifat otoriter dan pengawasan menjadi tindakan konstruktif dan kreatif serta membimbing dan mengevaluasi kinerja guru-guru dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan yang efektif dan efisien. Kualitas pendidikan ini dapat dilakukan melalui penerapan pendekatan klinis dalam supervisi pendidikan. Pendekatan klinis merupakan bentuk pengawasan untuk menganalisis kemampuan guru dalam pengembangan proses pembelajan dan pembinaan guru secara preventif dan kuratif. Dengan pendekatan klinis maka dapat membuat guru menyadari akan fungsinya sebagai pendidikan profesional. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

manapi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (MANAPI) with ISSN 2964-6863 is a forum for educators, academics, researchers and practitioners to share ideas regarding practical approaches in improving the quality of problems related to education management, education administration and Islamic education ...