Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, terutama dalam mata pelajaran geografi. Metode yang digunakan adalah Cooperative Script dalam pembelajaran materi dinamika kependudukan di SMA Handayani Pekanbaru tahun pelajaran 2022/2023. Hipotesis penelitian menyatakan bahwa penerapan metode ini akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest-postest control group. Dua kelas yang terlibat adalah kelas XI IPS I sebagai kelas kontrol dengan 20 peserta didik, dan kelas XI IPS II sebagai kelas eksperimen dengan 32 peserta didik. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Observasi dilakukan sebelum penelitian untuk menggambarkan kondisi kelas, sedangkan tes digunakan untuk menilai hasil belajar peserta didik. Data nama dan hasil belajar peserta didik diperoleh melalui dokumentasi. Sumber data penelitian ini meliputi kepala sekolah/madrasah, guru, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Cooperative Script memberikan pengaruh signifikan dalam meningkatkan hasil belajar pada materi dinamika kependudukan. Terjadi peningkatan nilai rata-rata dari pretest sebesar 63,70 menjadi 79,15 pada posttest. Peningkatan ini dapat dihitung sebagai persentase peningkatan sebesar 24,25% berdasarkan rumus persentase peningkatan. Dengan demikian, penelitian ini membuktikan bahwa penerapan metode Cooperative Script memiliki dampak positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi dinamika kependudukan. Kata kunci: Metode Pembelajaran, Cooperative Script, Hasil Belajar
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023