Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 5 No. 1 (2023): Journal on Teacher Education

Peran Modal Sosial dalam Membangun Mutu Sekolah di SD Negeri 11 Sawang Kabupaten Aceh Utara

Hariki Fitrah (Universitas Almuslim)
Rambang Muharramsyah (Universitas Almuslim)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2023

Abstract

Rendahnya mutu pendidikan merupakan suatu masalah yang harus dicarikan upaya penyelesaianya. Tujuan penelitian untuk mengeksplorasi peran modal sosial dalam membangun mutu sekolah di SD Negeri 11 Sawang. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis melalui reduksi data, display data dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa modal sosial di SD Negeri 11 Sawang terdiri dari membangun kerjasama yang baik dalam kehidupan sekolah, memperkuat kelompok dan jaringan dalam bentuk MOU dengan berbagai instansi, membangun rasa solidaritas yang tinggi seperti memberikan bantuan kepada korban bencana alam, mengunjungi guru dan siswa yang sakit serta memenuhi undangan guru yang mengadakan suatu acara, adanya layanan informasi dan komunikasi yang disediakan oleh sekolah melalui papan pengumuman, melalui buku-buku dan melalui wali kelas, dan melalui pemberdayaan bagi guru-guru seperti membimbing siswa dalam persiapan olimpiade, dan mengikuti kegiatan KKG.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...