JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 9 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Analisis Kesulitan Menulis Ringkasan Bacaan Tema 9 Sub Tema 2 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar Kelas VI

Uung Gondo Saputro (Universitas Negeri Malang, Indonesia)
Suyono Suyono (Universitas Negeri Malang, Indonesia)
Radeni Sukma Indra Dewi (Universitas Negeri Malang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan menulis ringkasan bacaan pada pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengen metode studi kasus di salah satu sekolah negeri di Kota Malang kepada 23 siswa dan 1 guru. Hal penelitian ini siswa masih mengalami kesulitan dalam menuli ringkasan, hal itu ditunjukan dari hasil belajar sebanyak 56,5% masih berada di bawah skor KKM yaitu 75. Faktor yang mempengaruhi kesulitan menulis ringkasan yaitu faktor internal meliputi, siswa kesulitan dalam menemukan ide pokok dan memulai menulis paragraf, tidak mudah kosentrasi (fokus), kurangnya pemahaman tentang aturan tata tulis, kurangnya minat siswa. Sedangkan faktor eksternal yaitu kurangnya motivasi dan dukungan dari lingkungan keluarga dan guru masih belum maksimal dalam menerapkan metode serta media pembelajaran untuk meningkatkan pembelajaran menulis ringkasan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...