SIGMA
Vol 9, No 1 (2023): SIGMA

PROSES PEMECAHAN MASALAH NUMERASI TIPE URAIAN PADA MATERI SPLDV BERDASARKAN TAHAPAN POLYA

Dian Kurniati (Universitas Jember)
Sefina Vamelia Hanim (Universitas Jember)
Ervin Oktavianingtyas (Universitas Jember)
Susanto Susanto (Universitas Jember)
Dhanar Dwi Hary Jatmiko (Universitas Jember)



Article Info

Publish Date
13 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pemecahan masalah numerasi siswa kelas VIII MTs berdasarkan tahapan Polya pada materi SPLDV. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 9 siswa di salah satu kelas VIII MTs di Kota Kediri. Instrumen yang digunakan yaitu masalah numerasi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nampak proses pemecahan masalah siswa berdasarkan tahapan Polya yang meliputi memahami masalah, menyusun rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali. Kesimpulan pada penelitian ini adalah pada proses memahami masalah, siswa cenderung menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan berdasarkan informasi penting, serta merepresentasikan masalah dalam bentuk pemisalan variabel dan model matematika. Pada proses menyusun rencana, siswa memilih metode substitusi atau campuran untuk digunakan sebagai penyelesaian masalah, serta menentukan rencana penyelesaian dengan berurutan. Pada proses melaksanakan rencana, siswa menyelesaikan masalah sesuai dengan metode dan rencana yang disusun sebelumnya. Pada proses memeriksa kembali, siswa cenderung mengecek kebenaran jawaban dengan mensubstitusikan setiap nilai variabel ke dalam model matematika.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnal_sigma

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal SIGMA diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Madura Pamekasan. Artikel yang dimuat meliputi tulisan tentang pembelajaran baik SD, SMP, SMA maupun Perguruan Tinggi dalam bentuk: Temuan Penelitian, pembelajaran bidang studi ...