Jurnal Sains Riset
Vol 13, No 2 (2023): September 2023

HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA ANGKATAN 2022 UNIVERSITAS JEMBER TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN

Anggraini, Mahya Alya Shofia (Unknown)
Uswatun, Umi (Unknown)
Tiara, Siti Ike Nur Jannah (Unknown)
Sudarti, Sudarti (Unknown)
Subiki, Subiki (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Sep 2023

Abstract

Motivasi belajar berperan aktif secara signifikan dalam menentukan pemahaman konsep dari sebuah proses pembelajaran. Maka dengan adanya peran yang sangat penting itu, pemahaman tentang bagaimana upaya memotivasi belajar mahasiswa, hal tersebut sejalan dengan adanya indikator motivasi belajar yang ruang lingkupnya meliputi motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif ataupun pengumpulan data motivasi dilakukan melalui kuesioner dengan 10 pertanyaan. Kemampuan praktikum mahasiswa berdasarkan nilai praktikum semester 2 pada materi gerak lurus berubah beraturan. Hasil analisis data menggunakan analisis korelasi parcial, kedua variable tidak tidak saling mempengaruhi, namun apabila nilai signifikansi kurang dari 0,05 dan jika lebih dari 0,5 maka dikatakan signifikan maka kedua variable saling mempengaruhi, hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi yang lebih dari 0,05 yakni sebesar 0,155. Pada H0 yang akan diterima artinya pada penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar dengan Pemahaman Konsep tidak memiliki hubungan atau tidak berkorelasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JSR

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Kegiatan penelitian adalah salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan menyebarkan hasil penelitian tersebut kepada masyarakat. Jurnal SAINS RISET merupakan salah satu wadah mempublikasikan tulisan hasil penelitian bagi para dosen Universitas Jabal Ghafur ...