Mudabbir: Journal Research and Education Studies
Vol. 3 No. 2 (2023): Vol. 3 No. 2 Juli- Desember 2023

Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Model Realistic Mathematics Education pada Pelajaran Matematika pada Bangun Datar di Kelas IV SDN 106193 Bakaran Batu

Wiwik Widiya (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan)
Safrida Napitupulu (Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan)



Article Info

Publish Date
08 Sep 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini melihat apakah penggunaan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) bisa berhasil meningkatkan berpikir kritis siswa sebagai model pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Realistic Mathematics Education dapat meningkatkan berpikir kritis siswa. Peningkatan berpikir kritis siswa terjadi dalam setiap siklus. Pada siklus I hasil evaluasi siswa memperoleh nilai rata-rata 20-50%. Pada siklus II memperoleh tingkat keberhasilan 50-69%. sedangkan pada siklus III siswa memperoleh tingkat keberhasilan 80-86% yang dimana sudah sesuai dengan yang diinginkan dan sudah mencapai nilai KKM. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education dapat meningkatkan berpikir kritis siswa pada pembelajaran bangun datar sederhana.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

mudabbir

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Mudabbir (Journal Research and Education Studies) is Published by the Association of Indonesian Islamic Education Managers (PERMAPENDIS) North Sumatra. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education. Articles published in journals are the results of ...