Pascal: Journal of Physics and Science Learning
Vol 7, No 1 (2023): Juni

Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Gaya

Erwinsyah Tanjung (Universitas Islam Sumatera Utara)
Tuti Hardianti (Universitas Islam Sumatera Utara)
Syahwin Syahwin (Universitas Islam Sumatera Utara)
Sheila Fitriana (Universitas Islam Sumatera Utara)
Rachmat Rizaldi (Universitas Islam Sumatera Utara)
Nana Mardiana (Universitas Islam Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan quasi eksperiment yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar.Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group-Pretest-Posttest. Sampel pada penelitian  ini adalah kelas VIII, dengan jumlah siswa 30 orang yang diberikan  pembelajaran dengan menggunakan media audio visual.Uji Hipotesis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji t. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes objektif untuk mengukur hasil belajar siswa dengan  penggunaan media audio visual. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh nilai signifikan 0,027, sehingga sig 0,05. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara data pre-test dengan data post-test  siswa yang menggunakan media audio visual pada materi gaya pada kelas VIII SMPIT Al-Fauzi. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran audio visual memberi pengaruh yang baik terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci : Media, Audiovisual,Gaya

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PASCAL

Publisher

Subject

Physics Social Sciences Other

Description

Journal of Physics and Science Learning (PASCAL) merupakan Jurnal yang diterbitkan secara berkala pada bulan Juni dan Desember oleh Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Islam Sumatera Utara. Jurnal ini memuat hasil pemikiran, ide, gagasan dari penelitian,pengembangan kajian pustaka dan ...