Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 11, No 2 (2023): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Penjumlahan Bersusun Menggunakan Model Problem Based Learning Kelas II SDN Sukoharjo 01 Tahun Ajaran 2022/2023

Nur Karimah (Universitas Veteran Bangun Nusantara)
Mukti Widayati (Universitas Veteran Bangun Nusantara)
Khosyiatun Khosyiatun (SDN Sukoharjo 01)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2023

Abstract

Penelitiannini dilatar belakangi dengan rendahnya hasil belajar yang dicapai oleh siswa terutama pada matematika penjumlahan bersusun kelas 2. Hal ini dibuktikan dengan hasil nilai siswa yang masih dibawah KKM 70. Salah satunya dengan menerapkan model problem based learning yang menjadi solusi terhadap permasalahan ini, sehingga peniliti ingin melakukan penelitian lebih lanjut tentang penerapan model PBL untuk meningkatkan hasil belajar. Tujuanndari penelitian ini untukmmengetahui hasil belajar matematika penjumlahan bersusun melalui model problem based learning. Pada penelitian tindakan kelas ini tentang hasil belajar matematika penjumlahan bersusun mengalami peningkatan walaupun masih ada beberapa siswa yang belum menunjukkan peningkatan hasil belajar.Hasil belajar matematika mengalami peningkatan yaitu pra siklus awalnya 9%, siklus I sebesar 64%, siklus II sebesar 82%, serta siklus III sebesar 91%. Kesimpulan peneilitian ini yaitu model problem based learning dapat meningkatkan hasiI belajar peserta didik pada materi penjumlahan bersusun kelas II SDN Sukoharjo 01 tahun ajaran 2023/2024.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...