Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 11, No 2 (2023): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Penerapan Model Cooperative tipe Kancing Gemerincing untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Pembelajaran IPS Materi Interaksi Manusia dengan Lingkungan pada Kelas V SDN Kedungwaru tahun ajaran 2022/2023

Khoirotin Khisan (Universitas Sebelas Maret)
Muhamad Chamdani (Universitas Sebelas Maret)
Kartika Chrysti Suryandari (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah model Cooperative tipe Kancing Gemerincing, meningkatkan keterampilan sosial. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN Kedungwaru yang berjumlah 31 siswa dengan 18 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilaksanakan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan sosial dengan menerapkan model Cooperative tipe Kancing Gemerincing. Persentase keterampilan sosial siswa pada siklus I=73,03%, pada siklus II=83,56%, dan pada siklus III=89,12%. Kesimpulan penelitian ini adalah meningkatnya keterampilan sosial melalui penerapan model Cooperative tipe Kancing Gemerincing Pembelajaran IPS materi interaksi manusia dengan lingkungan pada siswa kelas V SDN Kedungwaru tahun ajaran 2022/2023.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...