Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 11, No 2 (2023): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif pada Pembelajaran IPA Melalui Model Scientific Reading Based Project (SRBP) pada Siswa Kelas V

Lala Ayu Fauzia (Universitas Sebelas Maret)
Kartika Chrysti Suryandari (Universitas Sebelas Maret)
Tri Saptuti Susiani (Universitas Sebelas Maret)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa dan mendiskripsikan respon siswa terhadap penerapan model Scientific Reading Based Project (SRBP).  Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas secara kolaboratif. Subjek penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SDN 1 Mekarsari. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, angket, dan dokumen. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Scientific Reading Based Project (SRBP) dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa. Siswa mampu menjawab soal dengan sejumlah jawaban, mampu menjawab dengan beberapa cara dan dari sudut pandang yang berbeda, adanya peningkatan pengetahuan siswa, dan siswa mampu mengembangkan jawaban. Respon siswa terhadap penerapan model Scientific Reading Based Project (SRBP) pada setiap siklusnya mengalami peningkatan. Hal tersebut dapat dilihat dari antusias, minat, dan semangatnya siswa ketika pembelajaran berlangsung.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...