Journal of Education Research
Vol. 4 No. 3 (2023)

Peran Guru dalam Membentuk Karakter Disiplin Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah Pekanbaru

Ibrahim, Rusli (Unknown)
Asmarika, Asmarika (Unknown)
Salim, Agus (Unknown)
Wismanto, Wismanto (Unknown)
Abunawas, Abunawas (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya disiplin siswa Madrasah Ibtidaiyah al Barokah Jl. Datuk Tunggul Pekanbaru. indikator yang terlihat diantaranya masih banyaknya siswa yang datang terlabat bahkan setelah pagar sekolah dikunci, tidak mengerjakan tugas, suka bermain saat jam pelajaran dimulai. Penelitian bertujuan untuk: mendeskripsikan karakteristik disiplin siswa,  mendeskripsikan peran guru dalam membentuk karakteristik disiplin siswa, dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat kedisiplinan siswa. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan pencatatan. Menganalisis data dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Ciri-ciri kedisiplinan siswa meliputi siswa yang menaati peraturan sekolah. Untuk membentuk karakter disiplin siswa guru berperan sebagai guru, pendidik, evaluator, dan panutan bagi siswa. Faktor pendukung yang membentuk karakter disiplin siswa antara lain dukungan dari dalam dan luar sekolah. Faktor penghambat karakteristik disiplin siswa antara lain pengawasan guru yang terbatas terhadap siswa, pengaruh sosial teman, dan penggunaan teknologi yang tidak tepat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...