BINOMIAL : Jurnal Pendidikan Biologi
Vol 6 No 2 (2023): Jurnal Binomial

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING UNTUK PEMBELAJARAN IPA TERINTEGRASI MATERI GAMBUT

Perni Juliansih (Universitas Jambi)
Bambang Hariyadi (Universitas Jambi)
Evita Anggereini (Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Di era perubahan yang semakin cepat, pendidikan memiliki peran yang semakin penting untuk menghasilkan generasi yang berpengetahuan luas, terampil, serta peduli terhadap lingkungannya. Oleh karena itu, kualitas pembelajaran perlu ditingkatkan secara terus menerus salah satunya melalui pengembangan bahan ajar yang mengintegrasikan lingkungan setempat ke dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis proyek untuk pembelajaran IPA yang mengintegrasikan materi gambut. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang meliputi analisis, desain, pengembangan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil validasi desain mendapatkan nilai 95,83% (sangat layak) dan validasi materi mendapatkan nilai 95,84% (sangat layak. Uji praktikalitas guru memperoleh nilai 97,5% (sangat praktis), uji kelompok kecil sebesar 87,284% (sangat baik), dan uji kelompok besar 85,33% (sangat baik). Uji efektivitas menggunakan uji t sampel berpasangan menunjukkan nilai Sig (2 tailed) sebesar 0,000 (<0,05). LKPD berbasis proyek terintegrasi gambut yang dikembangkan layak digunakan sebagai bahan ajar serta dapat meningkatkan pemahaman konsep IPA siswa, serta mendukung pengembangan keterampilan abad 21.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

binomial

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education

Description

Jurnal Binomial adalah jurnal Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muslim Maros yang mempublikasikan hasil penelitian dan karya ilmiah dalam pengembangan ilmu biologi dan pendidikan. Terbit Edisi Maret dan Edisi ...