Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 4 No. 4 (2023): Volume 4 Nomor 4 Tahun 2023

E-PRESENSI BERBASIS QR-CODE SEBAGAI UPAYA PEMANFAATAN TEKNOLOGI DIGITAL DI SEKOLAH

Ervin Nurul Affrida (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Oky Ardiansyah (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Sinta Fitrianah (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Putri Dwi Anggriani (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Rizki Ardhianto (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Fanditya Dwi Rohmatulloh (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Cindy Dwi Anggraeni (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Wanda Meisya Azizah Santi (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
Jossa Andika (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)
M. Husnul Fuadi (Universitas PGRI Adi Buana Surabaya)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2023

Abstract

Teknologi yang semakin berkembang memberikan dampak di berbagai sektor, termasuk dalam bidang pendidikan. Fenomena yang muncul, guru dan siswa kecenderungan menggunakan daftar hadir manual melalui kalender dan buku harian kelas. Penggunaan data manual tersebut mempunyai kekurangan dalam bentuk resiko kerusakan dokumen, kehilangan data, serta proses sortir data manual sehingga waktu yang digunakan lebih lama. Oleh karena itu, tim merancang desain e-presensi dengan sistem QR-Code yang telah terhubung dengan database sekolah sehingga memudahkan pendataan kehadiran siswa. Penggunaan e-presensi bertujuan meningkatkan aspek pengetahuan serta keterampilan bagi guru dalam mengimplementasikan teknologi. Pada kegiatan tersebut dilakukan pengenalan dan pemanfaatan teknologi QR-Code melalui e-presensi siswa. Adapun metode yang digunakan adalah ceramah, pelatihan dan pendampingan berbasis cooperative learning kepada 19 siswa dan 1 guru. Hasil pelaksanaan kegiatan di sekolah menunjukkan jika peserta mengalami peningkatan pada aspek pengetahuan tentang teknologi QR-Code sebesar 90%. Selanjutnya pada aspek keterampilan menunjukkan peningkatan sebesar 88%. Selanjutnya, penggunaan e-presensi berbasis QR-Code mendapatkan respon yang positif dari sekolah karena dapat meningkatkan efektivitas evaluasi presensi siswa dengan real time.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cdj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

ommunity Development Journal : Jurnal Pengabdian masyarakat di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlawan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, ...