Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Model pembelajaran snowball throwing untuk meningkatkan pemahaman tentang materi teks ulasan pada siswa kelas VIII SMP Swasta Anastasia Tahun Pembelajaran 2021/2022. Prosedur pada penelitian ini mengacu pada prosedur pengembangan sederhana yang hanya pada batasan validasi ahli dan revisi produk. Prosedur penelitiannya menurut pendekatan ADDIE adalah analisis, desain, development, implementation, evaluation. Pengambilan data menggunakan validasi yaitu validator ahli pengembangan model, validator ahli materi, validator guru bahasa Indsssssonesia tingkat SMP dan 29 siswa SMP Swasta Anastasia. Teknik pengumpulan data dan validasi dilakukan dengan menggunakan wawancara, angket, tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) penilaian dari ahli pengembangan model pembelajaran diperoleh rata-rata 4,9 dengan kategori “sangat baik”; (b) penilaian ahli materi dengan rata-rata 4.9 dengan kategori “sangat baik”; (c) penilaian oleh guru bahasa Indonesia dengan rata-rata 4.50 dengan kategori “sangat baik”; (d) penilaian oleh siswa sebagai pengguna (1) skala kecil dengan rata-rata 4,16 dengan kategori “baik” dan (2) skala sedang 4,61 dengan kategori “sangat baik”.
Copyrights © 2023